4 Cara Mengelola Bonus THR (Tunjangan Hari Raya)

Bagi para karyawan, selain momen lebaran berkumpul dengan keluarga, ada lagi momen lebaran yang selalu dinanti dan dirindukan, yaitu momen mendapatkan THR atau Tunjangan Hari Raya. Biasanya, karyawan yang sudah bergabung dengan sebuah perusahaan dengan minimum jangka waktu tertentu akan mendapatkan THR dari perusaahn tersebut. Besarnya THR yang didapatkan berbeda-beda, bisa satu kali gaji bulanan, atau bisa juga hanya beberapa persen dari gaji bulanan tersebut, tergantung regulasi perusahaan dan lama durasi kerja karyawan tersebut.

Untuk kalian yang sedang menanti-nanti turunnya THR, apa sih rencana kalian selanjutnya? Sebelum kalian menghabiskannya begitu saja, yuk simak 4 cara terbaik mengelola THR agar tidak habis begitu saja!

BERBAGI DENGAN SESAMA

Setiap umat Muslim pasti tahu bahwa di bulan Ramadan ini, setiap kebaikan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Setelah mendapatkan rejeki dari THR tersebut, tidak ada salahnya untuk langsung mengalokasikan budget untuk berbagi dengan sesama. Kalian bisa memasukkan sebagian dari hasil THR tersebut ke masjid dekat tempat tinggal kalian, atau bisa juga untuk berbagi dengan orang-orang yang berkebutuhan, bisa dalam bentuk makan sahur atau makanan berbuka, bisa juga dalam bentuk sandang atau berbentuk amplop sekalipun. Dengan begitu, rejeki kalian akan menjadi lebih berkah dan tidak habis sia-sia.

MENGANTONGI ADIK-ADIK KECIL

Saat sudah berpenghasilan, tidak ada salahnya untuk berbagi kepala saudara atau adik-adik kalian yang masih kecil untuk meramaikan momen lebaran. Pecahan uang Rp 10,000 bisa menjadi andalan kalian untuk seru-seruan bersama dengan keluarga besar kalian. Nominalnya mungkin tidak seberapa, namun kalian sudah menciptakan keseruan yang tidak bisa dibandingkan dengan uang atau materi.

SIMPAN UNTUK TABUNGAN

Sepersekian persen dari hadiah THR Anda lebih baik disiapkan untuk tabungan. Setiap orang pasti memiliki cita-cita masing-masing, ada yang akan melangsungkan pernikahan dalam waktu dekat, mencoba kredit mobil, atau bahkan membayar cicilan rumah. Oleh karena itu, demi mencapai cita-cita kalian di masa depan, simpanlah hadiah THR kalian dengan baik.

PERBARUI BARANG YANG SUDAH RUSAK

Laptop sudah rusak? Handphone sudah usang? Jika hal tersebut merupakan kebutuhan utama kalian, tidak ada salahnya untuk memperbarui barang kalian yang sudah rusak tersebut dari hasil THR yang kalian peroleh. Sekarang atau nanti, toh kalian pasti butuh memperbarui barang tersebut. Namun, perlu diperhatikan dan dipastikan bahwa barang-barang yang akan kalian beli merupakan barang yang kalian butuhkan ya!

Nah, itu dia beberapa cara terbaik mengelola uang THR agar tidak habis begitu saja. “Tips terakhir, bahagiakanlah orang tua kalian, walau hanya dengan mengajaknya makan malam di luar, membeli tiket liburan ke luar kota atau membelikan barang yang ia butuhkan, rejeki kalian tidak akan putus dan menjadi berkah untuk diri kalian dan orang lain”.

Yuk manfaatkan THR dengan bijak dan lakukan hal-hal yang positif!

Leave a Reply