Cara Membuat Tteokbokki ala Rumahan

Maleeemmm gensss!!!!!

Masih inget, beberapa hari yang lalu gue sempet review makanan “Tteokbokki” disalah satu Korea Food cafe dibandung. Nah, berhubung gue masih penasaran sama tuh makanan. Siang tadi gue memberanikan diri buat bikin sendiri dirumah dengan bumbu yang gue dapet hasil googling tadi malam. Nggak sangka gensss ternyata, list bahannya banyak juga. Paginya gue ke salah satu swalayan buat belanja bahan-bahan “Tteokkbokki dengan list sebagai berikut.

Bahan tteok [kue beras] :

  • Tepung beras 200gr + Air 150ml
  • Garam

Bahan saus :

  • Pasta Gochujang / Pasta Cabe
  • Saus tomat
  • Daun bawang
  • Bawang putih
  • Bawang bombay
  • Madu
  • Minyak wijen
  • Dan berbagai toping seperti : Sosis, Telur puyuh, Biji wijen untuk taburan bisa disesuaikan dengan keinginan

Cara Membuat :

Langkah pertama membuat tteok dulu. Tteok sendiri bahan dasarnya tepung beras. Masukan 200gr tepung beras kedalam sebuah bowl, kemudian beri sedikit garam. Lalu tuangkan sedikit demi sedikit air panas kedalam tepung beras sambil diuleni sampai kalis. Setelah kalis bentuk adonan berbentuk batang atau silinder. Etisss… Jangan lupa sambil diolesi minyak wijen agar nggak lengket yah gensss. Kemudian potong kecil-kecil dan kukus sekitar 15-20 menit.

Untuk Pasta Gochujang nya sendiri gue bikin sendiri loh… tapi tenang! Buat kalian yang males bikin dan nggak mau ribet, kalian bisa langsung membeli pasta cabe yang jadi di swalayan.

Cekidotttt! Panaskan plan, masukan ½ sdm tepung ketan, air putih, aduk rata lalu kukus selama 15-20 menit. Angkat dan aduk kembali sampai merata sampai menjadi pasta. Kemudian masukan 1 sdm bubuk cabe, ½ sdm gula pasir, garam, dan ½ kecap asin aduk hingga menjadi pasta Gochujang.

Langkah terakhir tinggal bikin si tteokboki nya nih gensss. Yuk! Langsung aja, tumis 1 siung bawang putih yang sudah diiris dengan minyak goreng hingga harum dan layu. Kemudian angkat bawang putih tersebut. Siapkan plan yang lainnya untuk memasak air lalu masukan Pasta Gochujang / pasta cabe dan saus tomat. Perbandinga nya 2:1, kalau kalian suka pedas seperti gue gensss berarti perbandingan bubuk cape lebih banyak dari pada saus tomatnya, dan sebaliknya. Setelah mendidih masukan tteok beserta toping nya seperti sosis, telur puyuh, lada dan juga garam serta madu sebagai pengganti gula.

Tunggu beberapa menit, setelah bumbu dirasa udah tercampur rata maka kalian bisa langsung masukan daun bawang yang udah diiris tipis dan bawang putih yang udah ditumis tadi gensss berserta bawang bombay. Biarkan layu lalu angkat. Kemudian tinggal disajikan dalam piring saji dan kalau ada biji wijen taburi atasan tteokbokki dengan wijen. Raraaaaaaaa ini tampilan tteokbokki ala rumahan dan ala gue pun siap dinikamati nih gensss.

Nih tampilan Tteokbokki ala-ala gue nih genssss……!!!!

And theeeen!!! Ternyata untuk tampilan “Tteokbokkiyang gue sering liat di drakor-drakor itu, nggak selamanya bisa menjamin cita rasa yah gensss. Gue pribadi untuk “Tteokbokki” ini memilih untuk membuat sendiri dirumah karena dari segi rasaanya pun, bisa lebih disesuaikan dengan lidah kita sendiri dan untuk tampilan akhir warnanya pun nggak kalah cantik kok sama yang ditawarkan di cafe-cafe kece dan yang jelas porsinya bisa bikin satu rumah nyoba makanan Korea ini. *hehe*

So, main-main sini ke dapur rumah gue! Kali aja bisa masak bareng atau rumah tangga bareng gitu! *eh*

Leave a Reply